Minggu, 16 Oktober 2011

PERTEMUAN KE – 1 DEKSTOP


PengGUNAAN KOMPONEN DASAR

A.PEMBAHASAN


private void btnhitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
                float jumlah = Float.parseFloat(txtharga.getText())*
                Float.parseFloat(txtqty.getText());
        txttotal.setText(Float.toString(jumlah));
        DecimalFormat angka = new DecimalFormat("###,###");
        lbltotal.setText("Total : RP. "+angka.format(jumlah));
    }

Pada praktek di atas terlihat bahwa program di atas hanya merupakan sebuah bentuk tampilan form sederhana yang berisi perhitungan total = harga x qty
Di dalam kolom text filed tipe data nya string makanya kita butuh paket “Float.parseFloat” buat ngerubah string ke float. Sedangkan getText merupakan method untuk mengambil isi dalam kolom text field.
Set.text merupakan method untuk mengeset nilai nya. Di sini digunakan Floattostring adalah untuk merubah dari tiype data float ke string.karena di txtfield tipe data nya string.

private void btnhitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        float jumlah = Float.parseFloat(txtharga.getText())*
                Float.parseFloat(txtqty.getText());
        txttotal.setText(Float.toString(jumlah));
        float hargatotal = jumlah - (jumlah*Float.parseFloat(txtdiskon.getText())/100);
        DecimalFormat angka = new DecimalFormat("###,###");
        lbltotal.setText("Total : RP. "+angka.format(hargatotal));
    }

Yang berubah di praktek 2 hanya rumus nya di tambahin diskon.

Fungsi serta kegunaan tiap2 komponen di dalam membuat form
 





















                                                                                                                                       
Ø                                                                                                                                                                                                                                                              Jlabel
javax.swing.JLabel adalah daerah tampilan untuk string teks pendek atau gambar, atau keduanya
Ø                                                                                                                                                                                                                                                              JTextField
javax.swing.JTextField adalah sebuah Komponen ringan yang memungkinkan penyuntingan dari satu baris teks
Ø                                                                                                                                                                                                                                                              JButton
Javax.swing.JButton adalah sebuah tombol tekan
·                                                                                                                                                                                                                                                                Label “Nama Barang” merupakan class jLabel untuk menandai tempat nama barang, yang kemudian user dapat menginputkan pada bagian jTextField yang diset dengan inputnya txtNamaBarang (berupa teks).
·        Label “Harga” merupakan class jLabel untuk menandai tempat Harga satuan, yang kemudian user dapat menginputkan jTextField pada bagian yang diset dengan inputnya txtHarga (berupa teks) dan bagian horizontal Alignment diset rata kanan untuk mempermudah/memperbaik tampilan karena teks pada bagian ini berupa nominal/angka.
·        Label “QTY” merupakan class jLabel untuk menandai tempat jumlah/kuota, yang kemudian user dapat menginputkan jTextField pada bagian yang diset dengan inputnya txtQty (berupa teks) dan bagian horizontal Alignment diset rata kanan untuk mempermudah/memperbaik tampilan karena teks pada bagian ini berupa nominal/angka.
·        Label “Total” merupakan class jLabel untuk menandai tempat jumlah, pada bagian ini user tidak dapat menginputkan pada bagian jTextField karena pada bagian Enabled diset false(tidak dicentang) dan bagian horizontal Alignment diset rata kanan untuk mempermudah/memperbaik tampilan karena teks pada bagian ini berupa nominal/angka.
Dalam button “Hitung” nantinya diperlukan Action Performed, maksudnya ketika tombol ditekan maka akan melakukan suatu aksi/tindakan tertentu. Dalam tombol ini, ketika ditekan maka akan melakukan perhitungan ( Total = Harga x Qty ) dan menampilkan hasilnya pada bagian jTextField Total.

B.TUGAS
1.      Buat form dengan tampilan sbb :

 













Buat kode programnya dengan scenario sbb :
a.       Saat diklik pindah maka isi tulisan yang terdapat di textfield asal akan dipindah ke textfield tujuan
b.      Saat diklik kwadratka maka angka yang terdapat di textfield angka awal akan dikwadratkan dan hasil kwadrat akan ditampilkan di textfield hasil kwadrat

 

Souce code nya

package pmodul1;
public class iseng extends javax.swing.JFrame {
public iseng() {
        initComponents();
    }

private void btnPindahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
                txtTujuan.setText(txtAsal.getText());
    }
private void btnKwadratkanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        Float angka = Float.parseFloat(txtAngkaAwal.getText())*
               Float.parseFloat(txtAngkaAwal.getText());
        txtHasilKwadrat.setText(Float.toString(angka));
    }

public static void main(String args[]) {
        java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
            public void run() {
                new iseng().setVisible(true);
            }
        });
    }
    private javax.swing.JButton btnKwadratkan;
    private javax.swing.JButton btnPindah;
    private javax.swing.JLabel jLabel1;
    private javax.swing.JLabel jLabel2;
    private javax.swing.JLabel jLabel3;
    private javax.swing.JLabel jLabel4;
    private javax.swing.JTextField txtAngkaAwal;
    private javax.swing.JTextField txtAsal;
    private javax.swing.JTextField txtHasilKwadrat;
    private javax.swing.JTextField txtTujuan;
   
}

C.KESIMPULAN

Swing menyediakan komponen yang lengkap untuk menghasilkan program-program GUI. Meskipun demikian, jika kita tidak memahami dengan baik, kita tidak akan bisa mengoptimalkan komponen-komponen yang tersedia

Aturan Utama dari kelas dan file Java:
         Setiap kelas Java (dengan modifier “public”) selalu disimpan dalam satu file dengan nama file yang sama dengan nama kelas. Dalam contoh diatas nama kelas Main sehingga nama file Java itu adalah: Main.java
         (Kelas dengan modifier non-public diperbolehkan berada dalam file yang sama dengan kelas public)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar