TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat menyebutkan:
· cara membuka program macromedia Flash 8, dan
· bagian-bagian jendela kerja macromedia Flash 8
URAIAN MATERI
Macromedia Flash 8, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi atau aplikasi yang bukan berbasis internet (offline). Dengan Actionscript 2.0 yang dibawanya, Flash 8 dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi. Contoh dari game atau bahan ajar dapat Anda lihat di www.e-dukasi.net atau pada Pesona Edukasi.
Dari pengalaman penulis menjadi juri di Lomba Pengembangan Bahan Ajar Interaktif untuk SMA yang diadakan oleh Depdiknas, banyak karya bagus yang dibuat oleh peserta (guru) dengan menggunakan software Flash 8.
Penggunaan Flash 8 untuk animasi atau pembuatan bahan ajar interaktif tidaklah sulit, tool-tool yang tersedia cukup mudah digunakan, beberapa template dan component juga sudah disediakan siap digunakan.
Dengan anggapan sotfware Flash 8 telah terinstal pada komputer yang Anda gunakan, berikut ini langkah awal untuk mengenal penggunaan Flash 8.
A. Cara Membuka
Untuk membuka program Macromedia Flash 8 Anda dapat melakukan cara berikut:
· Pilih Start > Program > Macromedia > Flash 8
|
· Pilih Ikon Flash 8 pada dekstop (Layar monitor).
Beberapa saat akan muncul jendela dialog seperti berikut.
Pilih Create New > Flash Document untuk memulai membuat file baru.
Pilih Open a Recent New > Open untuk membuka file flash.
B. Mengenal Jendela Kerja
1. Mengenal Menu Dasar
Berikut merupakan tampilan standar jendela kerja Flash 8, saat Anda memulai membuat file baru.
Jendela kerja Flash 8 terdiri atas :
· Menubar
Berisi kumpulan menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash 8.
- Toolbar
Toolbar merupakan panel berisi berbagai macam tool. Tool-tool tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok: Tools; berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar, View; untuk mengatur tampilan lembar kerja, Colors; menentukan warna yang dipakai saat mengedit, Option; alat bantu lain untuk mengedit gambar.
Tool | Nama | Fungsi | Shortcut |
| Selection Tool | Memilih dan memindahkan objek | V |
| Subselection Tool | Mengubah bentuk objek dengan edit points | A |
| Free Transform Tool | Mengubah ukuran atau memutar bentuk objek sesuai keinginan | Q |
| Gradient Transform Tool | Mengubah warna gradasi | F |
| Line Tool | Membuat garis | N |
| Lasso Tool | Menyeleksi bagian objek yang akan diedit | L |
| Pen Tool | Membuat bentuk objek secara bebas berupa dengan titik-titik sebagai penghubung | P |
| Text Tool | Membuat teks (kata atau kalimat) | T |
| Oval Tool | Membuat objek elips atau lingkaran | O |
| Ractangle Tool | Membuat objek berbentuk segi empat atau segi banyak | R |
| Pencil Tool | Menggambar objek secara bebas | Y |
| Brush Tool | Menggambar objek secara bebas dengan ukuran ketebalan dan bentuk yang sudah disediakan | B |
| Ink Bottle Tool | Memberi warna garis tepi (outline) | S |
| Paint Bucket Tool | Memberi warna pada objek secara bebas | K |
| Eyedropper Tool | Mengambil contoh warna | I |
| Eraser Tool | Menghapus objek | E |
| Hand Tool | Menggeser stage | H |
| Zoom Tool | Memperbesar atau memperkecil objek | M atau Z |
| Stroke Color | Memberi warna pada garis/garis tepi | |
| Fill Color | Memberi warna pada pada objek | |
| Option tool | Mengatur fungsi tambahan dari tool yang sedang aktif | |
- Timeline
Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau
mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk
menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
- Stage
Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.
- Panel
Beberapa panel penting dalam Macromedia Flash 8 diantaranya panel: Properties, Filters & Parameters, Actions, Library, Color dan Align & Info & Transform.
Tampilan Panel Action Script
Tampilan Panel Color
- Properties
Panel Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang diaktifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool, maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.
- Library
Panel Library mempunyai fungsi sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic).
2. Document Properties
Fungsi Document Properties adalah untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat.
Untuk memanggil kotak dialog Document Properties, pilih jendela Properties di bawah layar, kemudian pilih tombol Size.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar