: ANIMASI INTRO
Buka flash. Stage 800x200.  background putih. 24 fps.
1. Buat shape bar dengan rectangle  tool, warnanya ijo, ukurannya 800x5.
2. Tekan F8, namai bar,  registrasi point kiri atas.
3. Pindahkan ke atas, di luar stage. x=0  y=-10.
4. Untuk animasinya: F8, animbar, kiri atas.
5. Klik 2 kali  "animbar". Masuk ke timeline-nya.
6. Di frame 13, tekan F6.
7. Di  frame 13, posisi bar turunkan jadi x=0 y=169.
8. Buat motion tween.
9.  Buat layer "action". F7 di frame 13, ketik stop(); di action panel.
Preview.
>>  background awan
Klik kanan lalu save gambar ini:
10. Buat  layer "awan". Jadi kita punya layer "bar" (layer1 tadi jadikan layer  "bar") dan "action".
11. Import to library (Menu: File/import) gambar  tadi.
12. F8, "awan1", kiri atas
13. F7 di frame 13. Lalu drag  "awan1" ke frame 13.
14. Posisikan x=0 y=200, nama instance  "awanstatis". Obyek ini ada di luar stage dan akan di-motion ke atas  setelah "bar" turun.
15. Di frame 26, F6. Posisikan "awan1" x=0 y=0.
16.  Buat motion tween.
17. Samakan jumlah frame "bar" dan "action". F5  pada layer "bar" dan F7 pada "action". Pindahkan stop(); pada frame 26.
Preview.
Kita  hanya perlu memperlihatkan movie seukuran stage sementara "awan1"  ukurannya 1088, maka kita pakai masking.
18. Pindah kan stage ke  root.
19. Buat layer "mask" di atas layer "animbar".
20. Buat  shape ukuran 800x171.
21. Klik kanan di layer, lalu tekan "mask".  Jadi layer "animbar" dimasking sehingga sisa "awan1" tidak terlihat.
::  ANIMASI BACKGROUND
Kondisi yang ada: Jadi ada bar turun lalu  background awan naik.
Setelah ini semestinya awan bergerak.
22.  Di main stage. Buat layer "as". F7 di frame ke-2. Kasih stop(): di  frame 1 dan 2.
23. F7 juga di frame 2 di layer "animbar". Biarkan  kosong.
>> Dengan begini, setelah animasi bar selesai, maka  flash akan berhenti. Kita ingin flash ke frame ke-2 karena di frame  ke-2 kita akan buat animasi awan.
24. Masuk ke obyek "animbar",  di layer"action" frame 26, di bawah stop(); ketik _root.gotoAndStop(2);
>>Sekarang  kita buat animasi di root, frame 2.
25. Di main stage, di bawah  layer "mask" dan "animbar" buat layer "awan".
26. F7 pada frame 2.  Drag "awan1" dari library ke frame 2.
27. F8 "awan1" jadi "aniawan",  kiri atas.
28. Klik 2 kali "aniawan". Di timeline, F6 pada frame 291.  Posisi "awan1" pada layer "awan1" (buat layernya) adalah x=0 y=0.
29.  Pada frame 291, posisikan "awan1" x=-1088 y=0.
30. Motion tween.
31.  Buat layer "awan2". Copy "awan1" di layer "awan1" lalu paste in place  pada layer "awan2". Namakan instance "awan2". Posisikan x=1088 y=0.  Posisi awan2 ada di ujung awan1.
31. F6 di frame 291, pada layer  "awan2". Posisikan "awan2" x=0 y=0.
32. Motion tween.
33. Buat  layer "as" di paling atas. F7 di frame 291. Kasih action di action  panel, gotoAndPlay(1);
>> Animasi akan looping scr kontinyu.
::  ANIMASI MENU
Motion tween juga dipakai untuk membuat 5 menu naik  ke atas secara berurutan.
Caranya, saat motion tween, bedakan posisi  start menu. Misalnya menu1 dimulai dari frame 1, menu2 pada frame 20,  dst.
Ingatlah untuk menyamakan semua akhir frame. Dan di frame  akhir kasih stop();
Tutorial ini akan menjelaskan animasi mouse  over pada menu.
34. Di main stage, buat layer "menu" di atas  layer "mask". Buat shape kotak seperti yang diinginkan. F8, jadikan  "button".
35. Klik 2 kali di button, masuk ke timeline. ada 4 frame:  up, over, down, hit.
36. F6 di frame "over". Ubah warna shape atau  gradient button sesuai tampilan yang diinginkan ketika over.
37. Buat  layer "ani" di atas layer 1(jadikan namanya "bg").
38. Isi frame  "up" dg simbol button. F8 simbol ini sebagai "statismenu", registrasi  tengah. (pada file fla nanti, gue gak jadikan movieclip, tapi hanya  di-group)
39. F6 di frame "over".
40. Di frame "over", klik  "statismenu", F8 jadikan "animenu", registrasi tengah.
41. Klik 2  kali "animenu" untuk masuk ke timeline-nya sehingga kita bisa animasi  motion tween.
42. Di timeline "animenu", klik pada frame 29 lalu F6.
43.  F6 di frame 8,9, 16,23,24.
44. Motion tween setiap bagian.
>>  kita akan buat ikon di button berputar dengan scale.
45. Klik obyek  di frame 8, bikin width jadi 4. Jangan lupa, unlock skala (tanda gembok  di sampingnya tidak ada garis) sehingga ukuran height tidak ikut  berubah.
>> ini posisi ikon berputar balik dengan poros x. Jika  registrasi point tidak di tengah maka perputarannya akan kacau.
46.  Klik obyek di frame 9, lalu Menu: Modify/Transform/Flip Horizontal.  Skala lagi lebarnya jadi 4 (W=4).
47. Klik obyek di frame 16.  Width-nya asli ukuran semula (100%). Tapi flip horizontal.
48. Di  frame 23, skala w=4.
49. Di frame 24, w-4 tapi flip horizontal.
50.  Di frame 29, buat width sedikit lebih kecil dari width asli. Karena  obyek akan ke ukuran aslinya setelah dari frame ini.
Preview.
::  ANIMASI TEKS DAN LOGO
Animasi teks dan logo juga memaki motion  tween. Coba eksplorasi motion tween. Misalnya dengan memakai  "brightness" pada opsi "color" di property panel. Opsi ini dipakai untuk  motion tween karakter manga pada header contoh.
Pengetahuan  dasar
* Kenali tool di panel tool: rectangle, text, color dll.
*  Jika disebut "buat shape" berarti kita pakai rectangle tool atau oval  tool, buat line pakai line tool, dst.
* Jika disebut buat frame baru,  tekan F5. Frame baru akan terisi sampai di tempat kita menekan F5.
*  Membuat keyframe tekan F6. Frame baru akan terisi obyek dan satu  keyframe dg obyek akan berada di tempat kita menekan F6.
* F7 untuk  blank keyframe. Isinya hanya satu frame kosong.
* Jika disebut F8,  berarti itu meng-convert jadi movie clip. Selalu Pikirkan registrasi  point yang tepat. Biasanya kiri atas, kalau untuk kebutuhan rotasi:  tengah.
Formatnya: F8, "nama simbol", "registrasi".
Keadaan simbol  sedang di-klik (di-select).
* Membuka actions panel, tekan F9.
*  Property panel ada di bagian bawah. Jika disebut x y maka lihat posisi  simbol di property.
* Simbol adalah elemen yang ada di library (F11).  Nama yang muncul di library adalah nama simbol.
* Instance adalah  obyek yang ada di stage, namanya muncul di property panel.
* Insert  layer baru ada di bawah kiri timeline.
* Untuk membuat motion tween:  klik pada frame tengah, antara dua keyframe di timeline, lihat property  panel ada "motion", pilih "tween". warna frame akan jadi biru dan tanda  panah.
" jika disebut layer "action" maka itu berarti layer dengan  nama "action".
* jika disebut "Menu: File/import", maka itu berarti  menu bar di flash (paling atas).
* Main stage adalah stage dg  timeline utama (scene1). Setiap obyek dalam main stage juga punya stage  dan timeline sendiri. Jika disebut root berarti main stage (tombolnya  ada di dekat timeline ada "scene1").
* Preview dengan menekan  Ctrl+enter
>> biasakan membuat nama layer sesuai isinya.
>>  biasakan membuat nama simbol dan instance sesuai isinya.
Step by  step
Tidak ada komentar:
Posting Komentar